METODE SENTRA
Metode Sentra atau Beyond Centers and Circle Time (BCCT) adalah model kurikulum pendidikan anak usia dini yang dirancang oleh Pamela C. Phelps, Ph.D., Tallahassee, Florida, Amerika Serikat
Metode Sentra dirancang untuk memenuhi kebutuhan tiga jenis main sebagai moda belajar anak usia dini. Ketiga jenis main yang dibutuhkan anak usia dini itu adalah main sensorimotor, main pembangunan, dan main peran (Sara Smilansky, 1992, dan Charles H. Wolfgang, 1991).
KB TK Al-Zahra Indonesia mengembangkan konsep tersebut yaitu Sentra Agama, Seni dan Bahan Alam, Bermain Peran, Balok dan Persiapan, Bahasa , dan Komputer
Masing-masing Sentra memiliki penekanan tujuan yang berbeda-beda dalam membangun aspek-aspek tumbuh-kembang anak. Namun demikian, setiap Sentra pada prinsipnya menyediakan kesempatan anak untuk melakukan ketiga jenis main.
Sistem pembelajaran sentra di PAUD dan TK memiliki beberapa kelebihan dan manfaat, antara lain:
– Mengembangkan Kreativitas:
– Meningkatkan Kemampuan Sosial:
– Mengembangkan Kemampuan Kognitif:
– Meningkatkan Kemampuan Motorik:
– Membangun Percaya Diri:
– Mengembangkan Kemampuan Bahasa:
– Meningkatkan Kemandirian:
– Mengembangkan Kemampuan Emosi:
Dengan demikian, sistem pembelajaran sentra sangat penting dalam membantu anak-anak PAUD dan TK mengembangkan kemampuan mereka secara menyeluruh dan menyenangkan.