HARI BATIK

Secara bahasa, batik berasal dari kata mbat yang berarti melempar berkali-kali dan tik yang berarti titik. Secara istilah, seni batik adalah teknik menggambar di atas kain dengan memanfaatkan lilin dan canting sebagai alat dan bahan pembuatannya. Batik di Indonesia memiliki banyak ragam motif, mulai dari motif-motif yang berbentuk seperti binatang, awan maupun arca-arca. Setiap ragam motif batik Indonesia, sebenarnya memiliki maknanya masing-masing dan kekhasan tersendiri. 

Dalam upaya untuk melestarikan batik maka Sekolah Al-Zahra Indonesia turut memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Mengapa tanggal 2 Oktober ? Karena Pada Jumat, 2 Oktober tahun 2009, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Inilah awal mula penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Banyak kegiatan yang dilakukan di KB TK SD dan SMP Al-Zahra Indonesia antara lain, menonton sejarah tentang batik dan jenis-jenis batik di Indonesia, membatik menggunakan cat air serta batik celup atau tie dye serta fashion show. Para siswa terlihat antusias mengikuti semua kegiatan. 

“Mari bersama-sama lestarikan budaya Indonesia”

HARI BATIK
HARI BATIK
HARI BATIK
TinyFile
Error: Cannot load configuration