Tips Memilih Sekolah SMA yang Tepat

Menentukan Sekolah Lanjutan Atas tergolong tidak mudah. Hal tersebut terkait dengan sistem zonasi yang diterapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di semua sekolah negeri. Jalur lain yang bisa digunakan adalah Jalur Prestasi Hasil Lomba dan Jalur Prestasi Nilai Akademik. Namun masih ada satu pilihan lagi, yakni SMA swasta, yang tidak terikat dengan sistem zonasi maupun jalur-jalur PPDB lainnya.
Terlepas dari semua hal tersebut, pertanyaan yang lebih mendasar sebenarnya adalah bagaimana cara memilih sekolah yang baik? Di masa peralihan jenjang SMP ke SMA, apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah untuk anak remaja? Berikut beberapa point penting dalam memilih SMA yang perlu menjadi perhatian orang tua.
1. Prestasi Akademik Sekolah
Misalnya dilihat kurikulum yang digunakan, metode pembelajaran, reputasi sekolah terutama apabila ingin melanjutkan ke PTN.

2. Jumlah Siswa Per Kelas
Dalam kelas yang kecil, setiap siswa mendapatkan perhatian individu yang memadai dari setiap guru yang sedang mengajar.

3. Fasilitas Sekolah
Laboratorium sains, perpustakaan, ruang olahraga, fasilitas seni, hingga teknologi adalah sarana dan prasarana sekolah yang memang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar maupun pengembangan bakat dan minat anak selama di sekolah.

4. Kehidupan Sosial dan Kegiatan Ekstrakurikuler
Melalui berbagai kegiatan di sekolah, anak-anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan minatnya. Kegiatan nonakademik yang ditekuni dengan sungguh-sungguh dapat menghasilkan portofolio yang amat diperlukan untuk masuk PTN melalui jalur prestasi.

5. Keamanan Lingkungan
Bullying, misalnya, bisa terjadi di luar maupun di dalam lingkungan sekolah.

6. Akses Komunikasi dengan Wali Murid
Komunikasi yang terbuka dan berkesinambungan antara pihak sekolah dan orang tua sangat penting untuk mendukung perkembangan anak.

7. Nilai-Nilai Penting bagi Sekolah
Value atau nilai mengacu pada prinsip-prinsip dan keyakinan yang menjadi panduan hidup, seperti integritas, religiusitas, toleransi, kolaborasi, kemandirian, keadilan, rasa hormat, kreativitas, dan lain sebagainya. Value atau nilai merupakan point penting dalam memilih Sekolah.

8. Biaya Pendidikan dan Keuangan Keluarga
Terlepas dari apa pun pilihan sekolahnya, dana pendidikan merupakan alokasi keuangan keluarga yang menyita cukup banyak perhatian. Perlu diingat, biaya pendidikan juga mencakup peralatan sekolah, seragam sekolah, transportasi, kegiatan ekskul, dan lain sebagainya.

TinyFile
Error: Cannot load configuration